Guru Berprestasi Dapat Penghargaan


BATU – Pemkot Batu memberikan penghargaan kepada `guru berprestasi dalam festival menulis dan inovasi pembelajaran  tingkat kota bersamaan upacara Hari Guru Nasional (HGN) di Stadion Brantas, Senin (26/11). Dalam festival menulis, juara diraih Drs. Barokah Santoso M.Ed dari SMPN 2 Batu, juara kedua Dian Yuphi Anggraeni S.Pd dari TK Citra Bunda Batu dan juara ketiga Diani Kusumawati S.Pd dari SMPN 2 Batu. Penyerahan penghargaan dilakukan langsung Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko yang juga inspektur upacara.
Selain festival menulis, ada juga lomba inovasi pembelajaran guru. Juara diraih Hermina Mauludiyah M.Pd dari SDN Sisir 3, juara kedua Ana Puji Astuti M.Pd dari SMPN 2 Batu, dan Juara ketiga adalah Zakki Fitroni M.Pd dari SMP Muhammadiyah 8 Batu. Penghargaan berupa piagam dan uang secara simbolis untuk kategori ini diserahkan oleh Forpimda Kota Batu.

Dewanti Rumpoko M.Si yang bertindak sebagai inspektur upacara sangat mengapresiasi jasa para guru. Sesuai dengan tema Hari Guru Nasional 2018, yakni Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI, dia berharap, mereka terus meningkatkan profesionalisme dalam mengajar.
“Peningkatan profesionalisme ini menyangkut sikap mental dan komitmen guru selalu meningkatkan kualitas. Guru harus memiliki kompetensi sesuai dengan perkembangan zaman,” ujar Dewanti.

Dia menjelaskan, beratnya tugas yang diemban guru,  pihaknya terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan guru. “Dengan revolusi industri seperti saat ini, guru harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat. Selain itu guru juga harus meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul,” bebernya.

Pada peringatan HGN, dia juga mengajak guru terus membangun peradaban sehingga generasi muda menjadi warga yang berbudaya, cerdas, bermutu dan berkarakter.
Sementara itu Ketua PGRI Kota Batu, Samun berharap, melalui peringatan HGN ini Pemkot Batu bisa menyelesaikan permasalahan. Permasalahan itu mulai gaji guru honorer agar di atas UMK hingga kekurangan guru segera teratasi.
“Kami berharap, permasalahan guru di Kota Batu bisa segera diatasi bersama. Jika guru sejahtera, setidaknya berbagai prestasi akan diukir. Tidak hanya guru, tetapi bagi anak didiknya juga lebih berprestasi,” imbuhnya.

Hadir dalam upacara, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo,  Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto SIK M.Si, Kajari Batu Nur Chusniah M.H, Ketua Komisi C DPRD Kota Batu Didik Machmud, Sekda Zadiem Efisiensi serta Kepala OPD Kota Batu. Para guru dari sekolah-sekolah di kota wisata ini menjadi peserta upacara HGN. (eri/feb)

 

sumber : https://www.malang-post.com

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *